Rabu, 17 Januari 2018

Yang Paling Berharga, Kasih Sayang Seorang Ibu


Seorang perempuan kecil ketika ditanya dimana rumahnya, ia menjawab “dimana ibu berada, disanalah rumahku”
Ibu adalah wanita terhebat yang berarti dalam hidup ku. Tak dapat ku bayangkan jika tanpa kehadiran seorang ibu dalam hidup ku. Akan sangat sulit menjalani hari tanpa ada seorang ibu yang mendampingi. 

Ibuku memang bukan orang yang punya segalanya. Tapi ibuku adalah orang yang akan memberikan semua yang ia punyaa kepada anaknya demi melihat anaknya hidup bahagia, demi mencukupi kebutuhan anaknya berusaha agar anaknya tidak kekurangan suatu apapun. Bukan tidak lelah menjadi seorang ibu yang merawat seorang anak dari masih di dalam kandungan, berharap dan berdoa agar kelak anak yang dilahirkannya menjadi anak yang baik, mencintai dan membanggakan kedua orang tuanya, dan berguna bagi orang – orang yang ada disekitarnya. Mengasuh dan mendidik anak hingga anaknya beranjak remaja dan akhirnya dewasa. 

"Ibu adalah segalanya - dia adalah hiburan dalam kesedihan kita, harapan dalam penderitaan, dan kekuatan dalam kelemahan. Dia adalah sumber cinta, kasih sayang, simpati, dan ampunan. Orang yang kehilangan ibunya telah kehilangan jiwa murni yang selalu memberkati dan melindunginya." – Kahlil Gibran

Bagi ku, kasih sayang, pengorbanan, dan waktu yang ibu berikan kepadaku adalah pemberian terindah. Semua itu tidak henti-hentinya aku dapatkan sepanjang hidup ku hingga saat ini. Tanpa pamrih dan berharap anaknya akan membayar semua pengorbanan yang telah dilakukan untuk anaknya. Ibuku memang tidak mengucapkan kata-kata manis seperti I love you kepada anaknya, tapi aku tau dengan seluruh perhatian, kerja keras, pengorban merawat dan mengasuh anaknya dengan sebegitu besarnyalah yang menunjukan bahwa ibuku menyayangi aku lebih dari ia menyayangi dirinya sendiri. Memang rasa cinta yang sangat amat ibu kepada seorang anak atau anak kepada Ibunya seringkali tidak tersampaikan melalui kata-kata.

"Tak ada orang di dunia ini yang bisa menggantikan ibumu. Benar atau salah, dalam pandangannya kau selalu baik. Dia mungkin memarahimu untuk hal kecil, tapi tak pernah untuk hal-hal besar."  – Harry S Turman

Sangat menyesal ketika aku masih membantah perintahnya, masih tidak memperdulikan nasihatnya seolah-olah lupa akan apa yang telah diberikannya kepadaku sehingga sesekali menyakiti perasaannya. Tapi tetap saja ibu tidak pernah lelah untuk terus menasihati aku. 

Aku tau aku tidak akan pernah bisa membayar semua yang telah ibu berikan kepadaku, namun setidaknya aku berharap suatu saat aku dapat membanggakan mereka, aku akan membuat mereka tersenyum bangga dan akulah orang dibalik senyuman dan rasa bangga itu.

"Aku tak pernah menyalahkan ibuku untuk apapun, tapi aku pasti memaafkannya untuk semuanya." – Mary J Blige

31 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. cerita nyaa dalem bangettt! 👌🏻

    BalasHapus
  3. Emang bener kasih sayang ibu yang paling berharga....

    BalasHapus
  4. manfaatkanlah waktumu pada saat bersama ibumu!

    BalasHapus
  5. Tulisan ini menginspirasi saya lanjutkan ya

    BalasHapus
  6. Seorang ibu merupakan seseorang yang luar biasa

    BalasHapus
  7. Patuhi dan hargai perjuangan ibumu karna kau takkan pernah tau kapan Tuhan memanggilnya pulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih telah mengingatkan saya. Semoga bermanfaat! :)

      Hapus
  8. Cerita yang baik semoga dapat menginspirasi bagi yang membaca

    BalasHapus
  9. Kalau kamu menyesal mulailah perbaiki kesalahanmu sekarang sebelum terlambat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih telah mengingatkan saya, semoga bermanfaat:)

      Hapus
  10. Kutipan dari Mary J Blige sangat menyentuhh👍👍

    BalasHapus
  11. Ceritanya menarik dan menginspirasi terus berkarya

    BalasHapus
  12. Wah kasih ibu sangat luar biasa semoga ibumu tetap selalu mencintai selalu OK.

    BalasHapus
  13. Rumah yaitu tempat dimana ibu berada, setuju!! Ibu dengan segala pengorbanan dan kasih sayangnya memang hal yang paling luar biasa 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, semoga tulisan ini dapat bermanfaat :)

      Hapus

1. Teks Prosedur merupakan teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakukan suatu hal baik melakukan suatu kegiat...